Senin, 10 September 2012

Standar Kompetensi Layanan Akomodasi


  
     KODE UNIT           :         PAR.HT02.018.01  

    JUDUL UNIT          :         MENYEDIAKAN LAYANAN AKOMODASI RECEPTION

 DESKRIPSI UNIT   :                             
Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menyediakan layanan kedatangan dan keberangkatan bagi tamu-tamu dalam perusahaan akomodasi komersial.



ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA
01
Menyiapkan kedatangan tamu
1.1       Menyiapkan dan memeriksa peralatan yang diperlukan di area reception.
1.2       Memeriksa daftar kedatangan tamu sebelum tamu tiba.
1.3       Kamar dialokasikan sesuai dengan permintaan tamu dan kebijakan perusahaan.
1.4       Kedatangan atau reservasi yang tidak pasti ditindak lanjut sesuai dengan prosedur perusahaan.
1.5       Daftar kedatangan disusun secara akurat dan didistribusikan kepada departemen yang terkait.
1.6       Menginformasikan tentang situasi atau permintaan khusus tamu kepada staf & departemen lain yang terkait.
02
Menyambut dan mendaftarkan tamu 
2.1       Tamu-tamu disambut dengan hangat dan sopan.
2.2       Rincian reservasi dikonfirmasikan dengan tamu.
2.3       Informasi dan saran tentang fasilitas dan layanan ditawarkan secara pro-aktif.
2.4       Prosedur pendaftaran bagi tamu dengan dan tanpa reservasi diikuti dan dilengkapi secara benar dalam jangka waktu yang dapat diterima dan sesuai dengan persyaratan keamanan perusahaan.
2.5       Prosedur akuntansi diikuti secara benar.
2.6       Rincian yang berkaitan dengan kunci kamar, surat tamu, pesan dan fasilitas safety deposit diterangkan secara jelas kepada tamu.
2.7       Bila kamar tidak tersedia atau terjadi kelebihan pemesanan, prosedur perusahaan diikuti secara benar dan ketidaknyamanan tamu harus diminimalkan.
2.8       Kedatangan tamu dimonitor dan diperiksa sesuai dengan kedatangan tamu yang diharapkan dan melaporkan apabila terdapat penyimpangan sesuai dengan prosedur perusahaan.



ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA
03
Mengorganisir keberangkatan tamu
3.1       Daftar keberangkatan ditinjau kembali dan diperiksa keakurasiannya.
3.2       Informasi keberangkatan tamu diperoleh dari departemen lain untuk memudahkan persiapan tagihan.
3.3       Tagihan tamu dibuat dan diperiksa keakuratannya.
3.4       Tagihan tamu diterangkan secara jelas dan sopan kepada tamu, dan diproses secara akurat.
3.5       Kunci-kunci diambil kembali dari tamu dan diproses secara benar.
3.6       Permintaan tamu untuk bantuan keberangkatan dilakukan  dengan sopan dan ditujukan ke departemen yang berkaitan.
3.7       Express check-outs diproses sesuai dengan prosedur perusahaan.
3.8       Prosedur untuk check-out tamu group diikuti secara benar dan rekening diproses sesuai dengan prosedur perusahaan.
04
Menyiapkan catatan dan laporan front office
4.1       Catatan front office diperbaharui secara akurat dan disiapkan dalam batas waktu yang telah ditetapkan.
4.2       Kebijakan perusahaan untuk pergantian kamar, no-show, perpanjangan masa tinggal dan keberangkatan yang dipercepat diikuti secara benar.
4.3       Laporan dan catatan didistribusikan pada departemen yang bersangkutan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

BATASAN  VARIABEL

1.    Unit ini berlaku untuk seluruh perusahaan dimana akomodasi tersedia. 

2.    Sistem front office bisa manual atau komputerisasi.

3.    Kedatangan dan keberangkatan dapat berupa:
3.1        individu
3.2        kelompok.

4.    Catatan dan laporan front office mencakup namun tidak terbatas pada:
4.1        laporan hunian
4.2        daftar kedatangan dan keberangkatan
4.3        informasi kehilangan dan penemuan.

 PANDUAN PENILAIAN
1.    Keterampilan dan pengetahuan penunjang
Untuk mendemonstrasikan kompetensi, dibutuhkan petunjuk keterampilan dan pengetahuan dibidang berikut ini:
1.1        prosedur check-in dan check-out  bagi kelompok dan individu
1.2        dokumentasi khusus yang diterima dan dikeluarkan
1.3      jenis kebutuhan pelaporan front office


 1.4     sistem keamanan front office 
 1.5    hubungan antara perusahaan akomodasi dan sektor lain industri pariwisata dalam kaitan khusus mengenai pengaruh pada operasional front office .

2.    Konteks penilaian
Unit ini dapat dinilai bersarkan pada saat kerja atau tidak bekerja. Penilaian harus mencakup peragaan praktis baik di tempat kerja maupun melalui simulasi. Hal ini harus didukung oleh jenis metode-metode untuk menilai pengetahuan penunjang.

3.    Aspek penting penilaian 
Petunjuk harus mencakup suatu kemampuan yang didemonstrasikan untuk mengikuti prosedur kedatangan dan kebarangkatan tamu secara akurat dan benar dalam rangka waktu yang dapat diterima perusahaan.

4.    Kaitan dengan unit-unit lain
4.1        Unit ini harus dinilai dengan atau setelah unit-unit berikut ini
4.1.1    Memelihara Catatan Keuangan
4.1.2    Melaksanakan Prosedur Klerikal
4.1.3    Berkomunikasi Melalui Telepon
4.1.4    Mengembangkan dan Menyesuaian Pengetahuan Lokal
4.1.5    Memproses Transaksi Keuangan.

4.2   Tergantung pada sektor industri dan tempat kerja, pelatihan gabungan mungkin cocok.

Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
1
2
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
2
3
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
1
4
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
1
5
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
1
6
Memecahkan Masalah
1
7
Menggunakan Teknologi
1





Tidak ada komentar:

Posting Komentar