Selasa, 11 September 2012

Standar Kompetensi Melalui Telepon


KODE UNIT                  :           PAR.HT02.022.01 

JUDUL UNIT                 :           BERKOMUNIKASI MELALUI TELEPON

DESKRIPSI UNIT    :    

Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk berkomunikasi secara efektif  di telepon. Unit ini dianggap sama dengan keterampilan umum unit Berkomunikasi MelaluiTelepon.  


ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA
01


















Menjawab telepon masuk
1.1       Telepon dijawab secara cepat, jelas dan sopan sesuai dengan standard perusahaan.
1.2       Bantuan yang bersahabat ditawarkan kepada penelepon dan tujuan menelepon ditentukan secara jelas.
1.3       Keterangan rinci diulang pada penelepon untuk konfirmasi.
1.4       Pertanyaan penelepon dijawab atau ditransfer pada lokasi / orang yang tepat.
1.5       Permintaan dicatat secara akurat dan disampaikan pada departemen/orang yang tepat untuk tindak lanjut.
1.6       Bila perlu, ambil kesempatan untuk mempromosikan produk dan layanan perusahaan.
1.7       Pesan disampaikan secara akurat kepada orang yang dimaksud dalam waktu yang sudah ditetapkan.
1.8       Panggilan telepon yang bersifat mengancam dan mencurigakan segera dilaporkan kepada orang yang tepat sesuai dengan prosedur perusahaan.
02
Membuat panggilan telepon
2.1       Nomor telepon diperoleh secara benar.
2.2       Tujuan pemanggilan dibuat secara jelas sebelum menelepon.
2.3       Perlengkapan digunakan secara benar untuk melakukan hubungan komunikasi.
2.4       Nama-nama perusahaan dan alasan menelepon di komunikasikan secara jelas.
2.5       Sikap menelepon harus selalu sopan dan baik.

BATASAN VARIABEL

1.      Unit ini berlaku untuk seluruh sektor pariwisata dan perhotelan.

2.      Komunikasi  telepon bisa terjadi dalam jenis konteks yang berbeda termasuk namun tidak terbatas pada:
2.1       kantor                              
2.2       area resepsi
2.3       pada tur                                           
2.4       di lapangan
2.5       telepon genggam         
2.6       pelanggan
2.7       kolega.

PANDUAN PENILAIAN

1.      Keterampilan dan pengetahuan penunjang
Untuk mendemonstrasikan kompetensi, dibutuhkan petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini:
1.1      pengetahuan operasi sistem telepon tertentu 
1.2      pengetahuan produk dan layanan perusahaan
1.3      keterampilan komunikasi lisan.

2.      Konteks penilaian
Unit ini dapat dinilai berdarkan pada saat bekerja atau tidak bekerja. Penilaian harus mencakup peragaan praktis baik di tempat kerja maupun melalui simulasi. Hal ini harus didukung oleh serangkaian metode-metode untuk menilai pengetahuan penunjang.

3.      Aspek penting penilaian 
Petunjuk harus mencakup suatu kemampuan yang didemosntrasikan untuk menggunakan peralatan telephone secara benar dan memberikan layanan telepon yang ramah dan sopan. Kejernihan/ketepatan dalam komunikasi lisan dibutuhkan.

4.      Kaitan dengan unit-unit lain
Unit ini menopang kinerja efektif dalam jenis unit front office lain. Direkomendasikan bahwa unit ini dibantu / dilatih besama dengan unit-unit tersebut.

Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
1
2
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
2
3
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
1
4
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
1
5
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
1
6
Memecahkan Masalah
1
7
Menggunakan Teknologi
1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar