Senin, 10 September 2012

Standar Kompetensi Reservasi


KODE UNIT              :           PAR.HT02.017.01   

JUDUL UNIT            :           MENERIMA DAN MEMPROSES RESERVASI

DESKRIPSI UNIT    :

Unit ini berhubungan dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membuat reservasi. Fokus penjualan bagi staf reservasi ditemukam dalam unit mempromosikan produk dan layanan.



ELEMEN KOMPETENSI

KRITERIA UNJUK KERJA
01
Menerima permintaan reservasi
1.1       Ketersediaan reservasi yang diminta ditentukan secara benar dan disarankan secara sopan kepada pelanggan.
1.2       Pilihan alternatif ditawarkan jika booking yang diminta tidak tersedia termasuk pilihan daftar tunggu.
1.3       Informasi dan saran tentang fasilitas hotel serta layanan ditawarkan secara pro-aktif.
1.4       Pertanyaan-pertanyaan tentang biaya dan bentuk-bentuk produk lain dijawab secara tepat.  
02
Mencatat rincian reservasi
2.1       Profil/riwayat pelanggan diperiksa dan informasi digunakan untuk membantu dalam membuat reservasi dan untuk meningkatkan layanan konsumen.
2.2       Data pelanggan dicatat pada saat pemesanan  secara akurat.
2.3       Permintaan khusus dicatat secara jelas dan akurat sesuai dengan persyaratan perusahaan.
2.4       Rincian pembayaran dicatat secara akurat.
2.5       Keterangan rinci dikonfirmasikan dan disetujui oleh pelanggan.
2.6       Reservasi dilengkapi dan diarsip dengan baik sehingga mempermudah akses pencarian & mudah dimengerti oleh orang lain.
03
Memperbaharui reservasi
3.1       Pembayaran yang diterima dicatat secara akurat dan diproses sesuai dengan prosedur perusahaan
3.2       Pembatalan dan penggantian reservasi dicatat. secara akurat sesuai dengan permintaan pelanggan dan prosedur perusahaan.
04
Memberi saran orang lain tentang rincian reservasi
4.1       Menginformasikan tentang permintaan umum & khusus dari pelanggan serta rincian data reservasi kepada departemen dan staf yang terkait.
4.2       Statistik reservasi yang bersangkutan disusun secara akurat atas dasar permintaan.



BATASAN VARIABEL
           
1.      Unit ini berlaku untuk seluruh sektor pariwisata dan perhotelan dimana terdapat layanan reservasi diterima.
2.      Sistem reservasi bisa secara manual maupun komputerisasi termasuk sistem reservasi sentral.
3.      Pelanggan meliputi: 
3.1         pelanggan industri
3.2         pemakai akhir layanan.

4.      Reservasi dapat dilakukan dengan: 
4.1        telepon                             
4.2        facsimile               
4.3        surat 
4.4        langsung
4.5        internet.

5.      Reservasi bisa untuk: 
5.1        individu                 
5.2        group / Kelompok
5.3        VIP
5.4        delegasi Konferensi.

6.      Rincian persyaratan/reservasi pelanggan umum dan khusus mencakup, namun tidak terbatas pada:
6.1        permintaan khusus
6.2        rincian waktu 
6.3        kebutuhan-kebutuhan khusus
6.4        pengaturan pembayaran
6.5        informasi tentang gaya pelanggan, a.l. kelompok yang berkepentingan khusus, status VIP, dll
6.6        rincian layanan lain yang digunakan.

PANDUAN PENILAIAN

1.      Keterampilan dan pengetahuan penunjang
Untuk mendemonstrasikan kompetensi, petunjuk keterampilan dan pengetahuan di bidang berikut ini dibutuhkan:
1.1      pengetahuan produk sesuai dengan sektor industri khusus
1.2      hubungan antara sektor yang berbeda dari industri pariwisata  yang berkaitan dengan reservasi dan booking
1.3      prinsip-prinsip yang menopang prosedur reservasi.

2.      Konteks penilaian
Unit ini dapat dinilai berdasarkan pada saat bekerja atau tidak bekerja. Penilaian harus mencakup peragaan praktis baik di tempat kerja maupun melalui simulasi. Hal ini harus didukung oleh serangkaian metode-metode untuk menilai pengetahuan penunjang.

3.      Aspek penting penilaian
Petunjuk harus mencakup kemampuan yang diperagakan untuk melakukan reservasi sesuai dengan sistem dan prosedur yang sudah ditentukan dan dalam jangka waktu yang dapat diterima perusahaan. Hal ini harus didukung oleh pengertian peraga dari sumber-sumber reservasi yang berbeda dan hubungan timbal balik industri yang diberlakukan.

4.      Kaitan dengan unit-unit lain
4.1        Unit ini harus dinilai dengan atau setelah unit-unit berikut ini :
4.1.1     Komunikasi di Telepon
4.1.2     Mempromosikan Produk dan Layanan       kepada Pelanggan

4.2        Juga ada kaitan yang erat di tempat kerja yang memiliki fasilitas non-komputerisasi antara unit ini dengan Melaksanakan Prosedur Klerikal. Yang tergantung pada sektor industri  dan tempat kerja, pelatihan gabungan juga cocok dilakukan.

Kompetensi Kunci

NO

KOMPETENSI KUNCI DALAM UNIT INI
TINGKAT
1
Mengumpulkan, mengorganisir dan menganalisa informasi
1
2
Mengkomunikasikan ide-ide dan informasi
2
3
Merencanakan dan mengorganisir aktifitas-aktifitas
1
4
Bekerja dengan orang lain dan kelompok
1
5
Menggunakan ide-ide dan teknik matematika
1
6
Memecahkan Masalah
1
7
Menggunakan Teknologi
1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar